Melihat Kemegahan Istana Buku 2019

Melihat Kemegahan Istana Buku 2019


     Di suatu pagi tanggal 22 September 2019, bertepatan dengannya hari Minggu pagi yang cerah, Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Malang kembali melaksanakan program kerja tahunan yaitu Istana Buku atau yang biasa disebut ISTANBUK. ISTANBUK kali ini dilaksanakan di Panti Asuhan At-Taufik yang terletak di Jl. Sanan Kecamatan Blimbing Malang. Harapannya, ISTANBUK kali ini bisa benar benar bermanfaat untuk jangka waktu yang seterusnya baik untuk adik-adik panti dan panitia.

     Disisi lain, yang membuat ISTANBUK tahun ini spesial yakni GPAN Malang kehadiran tamu spesial yang sekaligus menjadi kawan baru, yakni teman teman dari Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Malang dan volunteer. dengan hadirnya pahlawan baru tersebut, menjadikan kegiatan ISTANBUK kali ini semakin berkesan dan penuh warna. Menambah pengalaman serta kawan di dalam satu kegiatan yang bernuansa berbagi dan gotong royong yang indah.

     ISTANBUK sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan GPAN Malang yang acara intinya ialah pembangunan dan peresmian perpustakaan. Kali ini, kami sedikit meng- upgrade perpustakaan yang memang mulanya sudah ada di sana namun masih belum terlalu fungsional. Kegiatan Istanbuk tahun ini mengusung tema “ Wujudkan Mimpi Bangsa Bersama Generasi Cinta Membaca”, dengan jargon “Aku anak Indonesia, aku cinta membaca”. Diharapkan dengan adanya program ISTANBUK ini dapat menjadi sarana untuk adik-adik panti mendapatkan sumber literasi dengan lebih baik.

ISTANBUK sendiri bukan hanya dibantu oleh teman-teman GPAN Malang, Jurusan Kesejahteraan Sosial UMM dan volunteer melainkan juga dibantu oleh saudara saudara yang telah berkenan dan begitu luar biasanya mau meluangkan sedikit rezeki nya demi membantu GPAN Malang menyukseskan acara ISTANBUK kali ini. Terlebih kawan- kawan dari Car Free Day Malang, yang mau meluangkan sedikit hartanya untuk membantu panitia. Selain ini beberapa juga melakukan donasi berupa uang, buku, dan alat tulis. Hal- hal kecil semacam itulah yang justru akan memberikan dampak baik, selain berupa materi yakni kebahagiaan lah yang telah dibagi.

Acara berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB. Diawali dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Yang pertama ialah sambutan dari ketua pelaksana, lalu sambutan dari sekretaris umum yang mewakili ketua umum GPAN Regional Malang yang kebetulan berhalangan hadir, dan terakhir sambutan dari perwakilan dari pengurus Panti.


Gambar 1. Sambutan dari Ketua Pelaksana ISTANBUK 2019
         (Sumber: Dokumentasi September 2019)

   

                              Gambar 2. Sambutan dari perwakilan pengurus PA At-Taufik
                                                    (Sumber: Dokumentasi September 2019)

     Setelah sambutan-sambutan selanjutnya ialah acara inti dari ISTANBUK yaitu peresmian perpustakaan yang pembangunannya sudah dilaksanakan beberapa hari sebelum hari-H peresmian perpustakaan. Peresmian perpustakaan ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng secara simbolis dengan perwakilan dari GPAN yaitu Veninda selaku Sekretaris Umum GPAN Regional Malang dan dari pihak panti.


                             Gambar 3. Peresmian Perpustakaan
                                    (Sumber: Dokumentasi September 2019)
                        

      Acara pun berlanjut dengan penyampaian materi katalogisasi buku dari Pak Susanto sekaligus serah terima donasi buku dari Pak Susanto untuk Panti Asuhan At-Taufik.tidak hanya itu, bapak susanto yang kerap dipanggil Pak San oleh teman teman GPAN Malang, juga memberikan sedikit materi tentang bagaimana merawat perpustakaan.


Gambar 4. Materi katalogisasi buku dan penyerahan donasi buku dari Pak Santoso
                   (Sumber: Dokumentasi September 2019)

    Selesai materi dari Pak Susanto, acara dilanjutkan dengan flashmob bersama sama. Dapat disaksikan antusiasme dari adik adik dan raut wajah senang dari pengurus panti saat itu. Kemudian dilanjutkan dengan bermain games bersama adik-adik panti. Mulai dari bermain tebak kata, bermain tebak lagu nasional, sampai games yang mengasah motorik adik adik yaitu estafet karet. Dapat dirasakan hari itu dipenuhi dengan tawa dan kebahagiaan namun penuh dengan hal baru yang dapat dipelajari. Games berlangsung sangat seru, adik-adik terlihat sangat bersemangat dan antusias.


Gambar 5. Saat Flashmob berlangsung

                   (Sumber: Dokumentasi September 2019)



Gambar 6. Saat games berlangsung
                   (Sumber: Dokumentasi September 2019)

     Tepat memasuki waktu shalat dzuhur games selesai dan dilanjut dengan shalat dzuhur berjamaah kemudian makan siang bersama. Dengan sangat baik saat itu adik adik dan seluruh kawan kawan GPAN turut mendukung gerakan Indoneisa yang bersih dengan membuang sampah bekas makan siang di tempat sampah yang telah disediakan oleh panitia. Sehingga aula panti setelahnya masih terlihat bersih dan nyaman. Setelah makan siang acara kembali dilanjutkan dengan rangkaian acara terkahir pada pelaksanaan ISTANBUK kali ini, yaitu pembagian hadiah untuk adik-adik yang memenangkan games sebelumnya. Disini diharapkan adik-adik bisa lebih bersemangat lagi dalam belajar sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas. Kemudian langsung dilanjut dengan penutupan oleh MC.



                                    Gambar 7. Potret/foto bersama di akhir kegiatan
                                    (Sumber: Dokumentasi September 2019) 


Penulis : Rafifa Rafida Fitri - Tim Project Manager https://www.instagram.com/raafidi/ dan Zalfa Salsabila - Tim Project Manager https://www.instagram.com/zalfaabilaa/




Follow dan subscribe akun media sosial GPAN Malang sebagai berikut:




Komentar