REVIEW SABUKU: “50 Rules to be Wonderful Teenager”

REVIEW SABUKU: “50 Rules to be Wonderful Teenager
Reviewer: Roro Ayu Estiningtyas (BPH)


Deskripsi Buku
Judul: 50 Rules to be Wonderful Teenager
Nama Pengarang: Sienta Sasika Novel
Diterbitkan pada: Desember 2017
Penerbit: Tiga Serangkai

Sinopsis
Buku ini menjabarkan tentang cara untuk menjadi seorang remaja yang wonderful (menakjubkan). Sesuai dengan judul bukunya, terdapat 50 cara yang bisa dilakukan, yakni sebagai berikut:
  1. Be honest, 
  2. Get to know who you are, 
  3. What you love and what you hate, 
  4. Self-awareness, 
  5. Find your passion, 
  6. Create your mind map!, 
  7. Think before doing! Take a risk after that, 
  8. Believe yourself and your dreams!, 
  9. Keep triying and never give up!, 
  10. Keep your prayers, 
  11. Preapare.. prepare.., 
  12. Manage your time, 
  13. Draw your priority scale, 
  14. Plan your daily activity, 
  15. Set your goals, 
  16. Give reward!, 
  17. Control your finance, 
  18. Be confident, 
  19. Stay focused, 
  20. Be commited, 
  21. Who is your idol?, 
  22. Learn from mistakes, 
  23. Think positive, 
  24. Manage your mood, 
  25. Make good habit, 
  26. Take care your body and soul, 
  27. Update and upgrade your skill, 
  28. Explore your knowledge, 
  29. Bring solution, 
  30. Have good manner and attitude, 
  31. Be brave, 
  32. Stop complaining, 
  33. Enjoy the process, 
  34. Show leadership, 
  35. Be patient, 
  36. Stay humble, 
  37. Make a lot of friends, 
  38. Use social media wisely, 
  39. Save your link, 
  40. Share and receive, 
  41. Express your creativity, 
  42. Be cheerful and be happy, 
  43. Compare yourself, can you?, 
  44. Join the club, 
  45. Find your mentor, 
  46. Keep chalenging yourself, 
  47. Keep moving forward, 
  48. Control your emotion, 
  49. Forgive, 
  50. Just keep going and doing.
Pada buku setebal 226 halaman ini, setiap halaman menjelaskan secara detail dari setiap poin di atas dan terdapat beberapa contohnya. Jadi, kita dapat mengisi sesuai dengan pribadi pembaca sendiri. Selain itu, pada setiap awal dan akhir poin selalu ada kata-kata mutiara yang berkaitan antar setiap poin sehingga kita dapat lebih termotivasi lagi.


Kelebihan Buku
Buku ini menjelaskan setiap poin secara lebih rinci. Jadi, isi buku ini adalah penjabaran dari setiap cara tersebut (50 rules). Selain itu, pada beberapa halaman terdapat contoh dan daftar yang bisa kita isi sendiri sesuai dengan pribadi kita (pembaca). Contohnya pada bagian “Get to know who you are”, maka akan ada daftar “your strength and your weakness”. Jadi, kita bisa mengetahui diri kita lebih dalam lagi. Dalam buku ini juga terdapat quote yang bisa memotivasi kita dan penulisan yang membuat pembaca semakin tertarik membaca lebih dalam karena dibawakan dengan bahasa yang menyenangkan dan berwarna. Buku ini juga diselingi dengan bahasa inggris, sehingga membuat pembaca untuk belajar memahami bahasa inggris.

Kekurangan Buku
Tidak semua poin dalam buku ini terdapat contohnya dan ada daftarnya. Selain itu, buku ini hanya terdapat 3 warna yaitu coklat, oranye, hitam dan putih. Tidak dengan variasi warna yang colorfull. Mungkin akan lebih baik jika lebih colorfull, karena tentu akan lebih menarik perhatian pembaca. Selebihnya, buku ini sangat bagus dan recommended.

Kenapa Memilih Buku Ini?
Buku ini sangat bagus. Pembaca akan mengetahui setiap karakter yang ada pada dirinya, akan lebih mengenal diri sendiri, dan mengetahui hal apa yang harus dilakukan untuk mencapai cita-citanya, serta akan mendorong pembaca untuk menjadi pribadi yang wonderful. Buku ini juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp 39.000 pembaca sudah bisa mendapatkan buku yang bagus ini. Untuk para pembaca yang suka jenuh jika membaca buku yang isinya hanya tulisan saja, buku ini memuat isi dengan tampilan yang menarik.

Rating 1-5, berapa dan mengapa?
Buku ini saya beri rating 4.5, karena memang buku ini sangat recommended untuk dibaca. Disamping harganya yang murah, tampilannya yang lucu dan menarik serta terdapat selingan bahasa inggris yang membuat kita tidak hanya belajar tata bahasa indonesia saja. Buku ini banyak sekali memuat quotes yang bisa dibuat cadangan caption untuk kalian yang suka menggunakan media sosial. Dengan catatan, harus menyertakan sumber.
Akhir kata, yang bisa saya kutip dari buku ini adalah: “Sebenarnya aturan hidup itu sedernaha, cukup dengan cintai hidupmu; cintailah perjalanan dan pembelajaran diri; cintailah masa lalumu; dan cintailah masa depan”.


Review Buku ini juga kami buat dalam bentuk video. Cek videonya dengan follow dan subscribe akun media sosial GPAN Malang sebagai berikut:


Komentar