Resensi Buku “Berpikir itu Dipraktekin”

Resensi Buku “Berpikir itu Dipraktekin”
“Thinking (noun) is the process of using one’s mind to consider of reason about something
Hampir semua aktivitas yang kita lakukan memerlukan proses berpikir, mulai dari bangun tidur, sarapan, beraktivitas, hingga kembali tidur, semua hal itu pasti memerlukan proses berpikir, kemampuan yang paling esensial yang dimiliki oleh semua orang. Namun, apakah proses berpikir yang kita lakukan selama ini sudah baik dan benar ? semua hal itu dibahas dalam buku “Berpikir itu Dipraktekin” karya Tim Wesfix yang merupakan kumpulan dari beberapa penulis yang memiliki aspirasi untuk membagi ilmu. Buku ini diterbitkan pada tahun 2015 dengan total 146 halaman, dengan penyajian yang lugas dan ringkas.
Buku ini terdiri dari beberapa bagian yang membahas tentang bagaimana cara berpikir dengan baik dan benar, dari mulai persiapan sampai mempergunakan kekuatan berfikir untuk menghasilkan ide-ide kreatif. Sebelum mempersiapkan proses yang baik dan benar, maka kita perlu mengenali karakter otak masing-masing sehingga proses berpikir yang dihasilkan dapat memberikan hasil yang lebih optimal. Jika  proses dari berpikir yang dilakukan sudah baik dan benar, maka kemampuan kita dalam memecahkan masalah akan semakin baik karena mampu melihat masalah yang sedang dihadapi dari berbagai macam sudut pandang dan alternative solusi yang akan semakin beragam pula.
Salah satu bagian penting dalam buku ini adalah pada bagian berpikir kritis. Menurut saya, saat ini masih belum banyak orang yang mengetahui tentang bagaimana cara berpikir kritis, menyaring suatu informasi yang didapat dan mampu membedakan mana informasi yang dapat dijadikan sebagai rujukan dan mana informasi yang tidak dapat dijadikan sebagai rujukan. Contohnya dapat kita lihat pada perkembangan media sosial saat ini, dimana penyebaran informasi yang bersifat hoax relative sangat cepat, bahkan pada tingkat pendidikan menengah keatas. Hal ini mengindikasikan masih kurangnya pengetahuan dari masyarakat kita mengenai cara untuk berpikir kritis, menggunakan logikanya dan mampu menarik kesimpulan dengan baik dan benar.
Selain itu, bagian menarik dari buku ini adalah terdapat kutipan-kutipan dari beberapa tokoh mengenai bab yang sedang dibahas, sehingga pembaca dapat memahami inti dari materi yang disampaikan pada suatu bab. Saya pikir buku ini merupakan buku yang sangat cocok untuk dibaca oleh semua kalangan, mulai dari mahasiswa, pelajar, ataupun masyarakat umum yang ingin mengetahui cara praktik berpikir yang benar.
If there was one life skill everyone on the planet needed, it was the ability to think with critical objectivity “ John Layon.


Billy Anugrah – Tim MDG

Komentar